Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

detik.net.id

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

Tanaman hias menjadi salah satu cara untuk membuat rumah tampak cantik dan segar. Selain itu tanaman hias juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih bersih. Penggunaan tanaman hias semakin poluler di kalangan masyarakat. Salah satu tanaman hias yang popular adalah kaktus. Jenis tanaman ini mempunyai berbagai bentuk yang cantik dan yang paling penting tanaman ini tidak membuat pemiliknya kerepotan dalam hal perawatan.

Kaktus merupakan tumbuhan yang bisa hidup tanpa air dalam jangka waktu lebih lama. Kaktus biasanya tumbuh di daerah-daerah yang kering dan panas seperti gurun pasir. Nah meskipun dalam perawatan nya tidak terlalu merepotkan, kamu harus tahu cara merawat kaktus agar bisa tumbuh dengan baik.  jika salah dalam merawatnya tentunya kaktus akan mudah untuk mati. Nah kali ini arsitek77 akan mengulasnya untuk kamu Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar.

 

Berikan Pencahayaan Yang Cukup

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

www.dekoruma.com

Ada perbedaan antara kaktus indoor dan kaktus outdoor. Nah untuk kaktus indoor atau kaktus untuk di dalam ruangan, pastikan untuk tidak meletakan langsung dengan cahaya matahari kareana kaktus akan mudah rusak dan layu. Hal ini kareana katus indoor sudah terbiasa dengan habitatnya sehingga jaringannya tidak terlalu kuat.  Kamu bisa menaruh kaktus di dekat jendela dengan kanopi di atasnya, lakukan ini minimal 4 jam dalam sehari.

 

Pemberian Pupuk Secara Teratur

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

Agar tanaman kaktus bisa tumbuh subur, kamu bisa melakukan pergantian pupuk secara berkala hal ini sangat penting dilakukan agar kaktus bisa terus tumbuh dengan baik. jenis pupuk NPK merupakan pupuk yang disarankan untuk tanaman kaktus. Pemberian pupuk harsus dilakukan  dalam waktu 1 hingga 2 bulan sekali sebanyak 2 sampai 3 butir secara berkala. Jangan sampai kamu memberikan pupuk lebih banyak dari itu. Karna jika kamu memberikan pupuk terlalu banyak bisa merusak kondisi kaktus akibat panas yang terlalu berlebih.

Gunakan Pot Dengan Lubang Di Bawahnya

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

bobo.grid.id

Jika kamu akan membeli pot untuk menaruh kaktus, pastikan kamu memilih jenis pot yang memiliki luban di bawah nya. Hal ini di butuhkan karena untuk memastikan air siraman tidak menggenang didalam pot. Dengan lubang-lubang tersebut bisa menjadi celah keluarnya air. Jika kamu salah membeli pot maka air akan menggenang di dalam pot dan akan membuat media menjadi basah dan lembab sehingga bisa menyebabkan kaktus mengalami kebusukan.  Kamu bisa memilih pot dengan material tembikar atau terakota. Material tersebut bisa menyerap air dan mengeluarkannya melalui pori-pori pada pot.

 

Tidak Disarankan Untuk Menyiram Terlalu Sering

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

Shutterstock

Sepertiyang sudah di jelaskan sebelumnya bawha kaktus akan mudah mengalami pembusukan jika terdapat air terlalu banyak. Hal ini biasanya terjadi karna penyiraman yang terlalu sering . pastikan untuk menyiram kaktus dalam waktu 1 sampai 2 minggu satukali. Pastikan untuk tidak menyiramkan air secara langsung, kamu bisa menyemprotkan air agar air tidak terlalu berlebihan. Pastikan sebelum kamu menyiramnya untuk melihat kondisi tanah, siramlah jika kondisi tanah jika sudah mulai kering. Namun jika masih lembab disarankan untuk tidak menyiramnya.

 

Jangan Sampai Membiarkan Air Untuk Mengendap Pada Daun

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

shopify.com

Tanaman kaktus bisa menyerap air lebih banyak dari akar. Tapi kaktus tidak bisa menyerap air pada daunnya. Hal ini penting untuk di perhatikan, pastikan kamu tidak membiarkan air mengendap pada bagian daun karena kelembapan tersebut bisa menjadikan kaktus membusuk. Selain itu bulir air yang teringgal bisa membiaskan cahaya matahari pada daun secara ekstreme. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi pada tanaman kesayangan mu. Pastikan untuk mengingat car aini agar kaktusmu tidak mudah mati.

 

Jangan Lupa Untuk Memindahkan Posisi Kaktus

Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

detik.net.id

Pemindahan posisi kaktus juga harus di perhatikan agar kaktus bisa mendapatkan cahaya matahari secara merata. selain itu jika kamu melakukan hal ini akan membuat kaktus lebih kebal karena lebih terlatih untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Nah itu dia beberapa tips cara merawat kaktus agar bisa tumbuh dengan baik sehingga bisa membuat tampilan rumah yang cantik dan indah.

 

 

One Response to Cara Merawat Tanaman Kaktus Yang Baik Dan Benar

  1. [...] segar. Selain itu tanaman hias juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih bersih. Penggunaan tanaman hias semakin poluler di kalangan masyarakat. Salah satu tanaman hias yang popular adalah kaktus. Jenis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek