Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

not-there.org

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

Sampah masih menjadi masalah saat ini, terutama pada lingkungan, pencemaran lingkungan akibat sampah manjadi permasalahan yang serius. Hal ini karena kurangnya kesadaran pada masyarakat yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Seperti yang sedang dialami saat ini banjir yang merendam berbagai daerah di Jakarta. Penyumbatan saluran air akibat sampah membuat Jakarta menjadi salah satu daerah di Indonesia yang selalu langganan banjir setiap tahunnya. Oleh karena itu penting sekeli menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.  

Seperti yang kita ketahui sampah terbagi kedalam dua jenis, sampah organik dan anorganik. Sampah organik berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari bahan-bahan non hayati, seperti produk sintetik ataupun hasil proses teknologi, pengolahan bahan tambang atau sumber daya alam yang tidak bisa diuraikan oleh alam, Contohnya adalah botol plastik, tas plastik, kaleng dan lain-lain.

Nah yang menjadi masalah saat ini adalah sampah anoraganik, karena jenis sampah ini membutuhkan waktu yang sangat lama sampai bisa terurai. Oleh karena itu mengolah sampah yang sulit terurai bukanlah hal yang mudah. Sampah seperti itu bisa diolah dengan menerapkan 3R, yaitu reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan Kembali), dan Recyele (Mendaur Ulang). Jika tidak menggunakan Langkah tersebut maka sampah-sampah akan terus menumpuk dan bisa menjadi salah satu penyumbang terbesar kerusakaan pada lingkungan.

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

wollondilly.nsw.gov.au

Salah satu sumber sampah terbesar adalah dari berbagai aktivitas dirumah. Pola hidup yang tidak teratur dan jorok akan membuat sampah menumpuk dan membuat lingkungan rumah tidak sehat. Selain itu aroma yang tidak sedap akan mudah tercium dan bisa mendatangkan berbagai hewan seperti kecoa, tikus dan hewan-hewan kecil. Tentunya ini harus kamu hindari untuk menjaga rumah agar tetap segar sehingga kamu dan keluarga bisa tetap nyaman saat berada didalam rumah.  Nah dalam artikeli kami arsitek77 akan memberikan tips cara mengelola sampah anorganik dengan cara yang tepat dan mudah dilakukan.

Menyiapkan Dua Tempat Sampah

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

aliexpress.com

Biasanya sampah pada rumah terdiri dari dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik, sebelum kamu memulai untuk mengolah sampah, sebaiknya untuk memisahkan terlebih dahulu kedua jenis sampah tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan menyediakan dua tempat sampah. Yaitu sampah untuk organik dan anorganik.  Dengan menggunakan dua tempat sampah maka kedepannya pemisahan sampah akan sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu edukasi terhadap anak dirumah sangat penting untuk mengetahui jenis sampah organik dan anorganik agar anak belajar untuk membuang jenis sampah sesuai dengan jenisnya. Dengan begitu pola hidup sehat Bersama keluarga bisa dilakukan dengan mudah.

Reduce(mengurangi)

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

manitoulin.com

Gerakan go green sudah ramai diserukan sejak tahun-tahun kebelakang. Gerakan ini mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan benda-benda yang sulit terurai. Seperti saat ini penggunaan botol minuman plastik, sedotan plastik, dan berbagai macam wadah plastik banyak digunakan untuk kebutuhan harian seperti berbelanja. Oleh karena itu untuk mengurani penggunaan kantong plastik, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan untuk tidak memberikan kantong plastik saat berbelanja, contoh nya berbelajna di alfamart, indomart dan pusat perbelanjaan lain. Namun penggunaan plastik tidak dapat dihindari terutama pasar swalayan.

Nah untuk membantu pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik. Alangkah baiknya jika berbelanja kepasar membawa kantong belanjaan sendiri yang terbuat dari bahan kain atau bahan sejenis yang mudah untuk terurai. Dengan kesadaran masyarakat yang menyeluruh, maka penggunaan kantong plastik akan sangat mudah diminimalisir.

Reuse (menggunakan Kembali)

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

rumah.com

Reuse atau menggunakan Kembali merupakan cara yang sangat penting agar sampah tidak banyak menumpuk. Asalkan kreatif kamu akan mudah untuk menggunakan sampah bekas menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi lingkungan dan rumah. Contohnya adalah penggunaan botol-botol kaca bekas sebagai tempat untuk menyimpan bumbu dapur, atau kamu bisa memanfaatkan kalengkaleng bekas atau botol minuman bekas untuk dijadikan sebagai pot tanaman.

Recycle (Mendaur Ulang)

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

not-there.org

Recycle merupakan salah satu cara mengolah sampah anogrnik yang banyak digunakan cara ini yaitu dengan mendaur ulang sampah. Pengolahan sampah ini memungkinkan untuk mengolah sampah menjadi benda baru yang memiliki nilai. Tak hanya bisa mengurangi sampah, ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang sangat menjajikan bagi Sebagian orang. Terutama kamu yang memiliki idea keratif untuk menciptakan karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Contohnya dalah mengolah sampah menjadi taplak meja atau mengelola sampah menjadi pot tanaman,  tas dari pastik kemasan produk, bunga-bunga plastic dari sedotan plastik.

Replace

Cara Mengelola Sampah Anorganik Dengan Cara Yang Tepat Dan Mudah

Langkah berikutnya untuk mengurangi sampah adalah dengan menerapkan cara replace. Cara ini biasanya merupakan program yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penggunaan wadah plastik sebagai kemasan produknya. Contohnya Ketika kamu membeli sebuah pruduk dengan kemasan palastik seperti minuman dalam kemasan botol atau makanan dalam wadah plastik. Ketika minuman/makanan sudah habis, wadah kemasan tersebut bisa dikembalikan ketoko dimana kamu membeli produk tersebut. Wadah tersebut akan disterilkan dan diolah agar bisa digunakan Kembali oleh perusahaan tersebut, nah nantinya kamu akan mendapatkan diskon atau poin keanggotaan kareana sudah berparsitipasi untuk mengurangi sampah. Namun di Indonesia sepertinya belum dilakukan secara menyeluruh.  Namun yang menarik dilaur negri sudah ada yang menerapkan penggunaan mesin yang digunakan untuk menukarkan sampah plastic dengan uang. Tentunya ini sangat menarik karena masyarakat akan termotivasi mengumpulkan sampah pastik untuk nantinya ditukarkan dengan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek