Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

hdmag.net

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Melakukan pengecetan pada plafon adalah salah satu cara yang bisa membuat plafon kamu lebih indah dan cantik. Meskipun bisa di lakukan dengan mudah dan kamu sendiri juga bisa melakukan nya di rumah. Namun hal ini ternyata agak menganggu jika di lakukan dengan cara yang salah. bisa saja pada saat melakukan pengecatan terkanag kita terpaksa harus selalu melihat ke atas dan bisa membuat sakit leher.

Terlebih lagi cipratan cat yang bisa saja menetes ke mata. Bahkan sebagian besar tukang pun tidak terlalu suka jika mengecat plafon. Namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecat plafon dengan cara yang mudah dan aman, apasajakah itu yuk langsung saja cara mengecat plafon sendiri dengan aman.

Menggunakan Media untuk Mengecat

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Penggunaan media untuk mengecat juga mempengaruhi kualitas hasil akhir dari cat yang kamu aplikasikan. Penggunaan roll cat lebih baik jika menggunakan kuas. Karena ini akan membantu kamu untuk mengecat dengan hasil yang lebih halus dan bisa mengemat penggunaan cat. Selain itu roll cat juga bisa meminimalisir percukan yang kamu gunakan. Berbeda dengan cat semprot yang akan menggangu mata mu saat pelakukan pengecatan.

Jika kamu hendak untuk membeli roll cat. Maka pilih lah jenis roll cat yang memiliki pegangan yang panjang sehingga bisa dengan mudah nantinya untuk menjangkau plafon yang lebih tinggi. Namun jika memang tidak ada. Kamu bisa menyambung nya dengan bambu atau tongkat agar bisa memudahkan pada saat mengecat.

 

Pemilihan Warna yang Sesuai

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Penggunaan warna pada plafon mempengaruhi cara pandang dan suasana pada ruangan. Ketika kamu menentukan untuk memilih cat yang akan kamu gunakan maka pilih lah cat yang cerah yang bisa membuat ruangan terkesan memiliki pencahayaan yang baik. Kebanyakan rumah memiliki warna cat pada plafon nya dengan warna putih. Warna ini bisa membuat ruangan tampak lebih bersih dan cerah. Penggunaan warna putih pada ruangan di pilih karena bisa memberikan ruangan yang terkesan lebih indah dan bisa memberikan pantulan cahaya yang lebih banyak jika dibandingkan dengan warna-warna lain.

Namun jika kamu bosan dengan warna putih yang hampir banyak di gunakan di setiap rumah. Kamu bisa memilih warna biru. Warna ini bisa juga kamu terapkan pada plafon untuk mendapatkan kesan ruangan yang cerah dan bisa mendapatkan pencahayaan yang lebih. Warna biru ini bisa mengingatkan kepada warna langit yang biru cerah.

Untuk hasil yang maksimal cat lah permukaan plafon dengan merata. Lakukan dengan hati-hati. Ketika kamu melakukan pengecatan dengan merata maka permukaan plafon yang kurang bagus akan tertutupi dengan cat sehingga semua permukaan plafon lebih rapih dan nyaman untuk di pandang.

 

Hindari Tetesan Cat dari barang-barang berharga

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Sebelum kamu melakukan pengecatan plafon, langkah awal adalah dengan menutupi furniture lain dengan Koran atau kain untuk menghindari cipratan cat. Atau kamu bisa memindahkannya ke ruangan lain agar lebih aman. Karena cipratn cat ini sangat sulit untuk di hindari meskipun kamu sudah melakukannya dengan hati-hati.

 

Gunakan Roll cat dan Kuas untuk hasil yang lebih merata

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Pada saat kamu mengecat permukaan plafon tentunya bagian sisi pada plafon tidak akan tercat dengan rata apalagi pada bagian sudut-sudut yang sempit. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan kuas untuk merapihkan sudut-sudut yang belum terkena cat. Dengan menggunakan kuas tentunya ini akan membantu menjangkau sudut yang sempit sekalipun. Hal ini tentunya akan membuat hasil cat lebih maksimal dan merata.

 

Gunakan Ampelas Untuk Meratakan Permukaan Plafon

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

wikipedia.com

Sebelum kamu mengecat plafon. Agar lebih maksimal, terlebih dahulu harus di lakukan pengamplasan pada permukaan plafon. Hal ini karena terkadang pada permukaan plafon terdapat teksture yang menonjol atau bekas lubang dari hewan. Tentu ini akan menggangu pada saat pengecatan jika tidak di lakukan pengamplasan terlebih dahulu. Selain itu melakukan pengamplasan juga akan membuat permukaan plafon menjadi lebih halus dan lebih maksimal cat untuk melekat.

 

Cat Bagian demi Bagian untuk hasil yang maksimal

CARA Mengecat Plafon Rumah Sendiri Dengan Benar

Pada saat melakukan pengecatan maka cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat hasil  yang maksimal dan efektif adalah dengan cara membagi plafon yang luas menjadi petak-petak untuk di cat satu persatu. Bergerak cepat dari bagian-bagian persegi ke bagian yang berderkatan untuk memastikan cat pada sepanjang tepiasn nya tidak kering sebelum kamu mengecat rol ke bagian plafon berikut nya. Hal ini bisa membantu kamu untuk meminimalisir terjadinya bekas cat yang tumpang tindih. Tentunya ini harus di hindari karena cat yang tumpang tindih akan membuat hasil cat kurang maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek