Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

keretakan akibat pondasi

Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

Tembok/dinding merupakan pembatas yang di gunakan untuk memisahkan antar ruangan pada sebuah bangunan. Tembok juga di jadikan sebagai pelindung dan membuat privasi ruangan tetap terjaga. Selain itu tembok juga menjadi penyokong  atap dan langit-langit pada sebuah bangunan.

Pada rumah hunian tentunya sangat berperan penting, oleh karena itu kamu harus menjaga dan merawat tembok rumah agar selalu dalam keadaan baik. kerusakan pada tembok yang sering terjadi adalah retakan-retakan pada permukaannya. Hal ini di sebabkan karna, bahan yang di gunakan, dan bisa juga akibat pergereakan tanah yang tidak stabil.

Jika terjadi keretakan maka kamu harus sigap untuk segera memperbaikinya karena bisa saja jika di biarkan, akan membuat retakan tersebut menjadi lebih besar dan lama kelamaan akan membuat tembok runtuh. Tentunya hal ini tidak di inginkan oleh semua  penghuni rumah kan.  Nah oleh karena itu dalam artikel ini kami arsitek77 sudah merangkumnya cara memperbaiki kerusakan pada dinding berdasarkan jenis kerusakannya. berikut adalah Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

 

Mengatasi Keretakan Rambut Pada Tembok

Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

Keretakan rambut sangat sering terjadi pada bangunan rumah. bahkan bangunan baru pun bisa saja mengalami hal tersebut. Retakan ini biasanya memiliki ukuran yang kecil namun memiliki bentuk yang bercabang. Meskipun retakannya kecil, bukan bererti kamu harus mengabaikannya. Justru masalah besar bisa saja muncul dari masalah kecil yang di biarkan begitu saja.

Nah keretakan ini biasanya di sebabkan oleh pengacian yang tidak pas dan tidak sempurna. Ini merupakan kesalahan yang bisa saja di lakukan oleh tukang karena tidak berhati-hati. Pastikan untuk tidak melakukan pelesteraan pada saat kondisi dinding sedang panas. Hal ini akan membuat pelesteran tidak menempel dengan sempurna.

Hal lain yang membuat keretakan rambut terjadi adalah acian semen yang di gunakan terlalu tipis dan langsung dilapisi lagi dengan acian.  Dan kesalahan yang terakhir yang bsia saja terjadi adalah akibat cat finishing yang digunakan tidak memiliki elsatisitas yang tidak baik.

Untuk mengatasi keretakan rambut pada dinding adalah lakukan penyiraman pada dinding hingga jenuh lebih dulu pada bagian yang akan diaci. Hal ini di lakukan bertujuan  untuk membuat dinding agar lembab dan dingin sehingga acian bisa menempel dengan maksimal pada tembok.

 

Mengatasi Keretakan Akibat Struktur Pondasi Yang Bergeser

Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

Akibat struktur pondasi yang bergeser akan membuat bata di dalam dinding menjadi pecah sehingga akan menumbulkan keretakan pada tembok, hal ini biasanya terjadi karena struktur tanah yang tidak stabil. Biasanya retakan yang di hasikan berbentuk diagonal atau tegak lurus. Cara mengatasi hal ini yaitu dengan membuat celah kecil antara dinding dengan balok bagian atas dinding. cara ini bertujuan untuk mengurangi  tekanan dari atas. Celah-celah tersebut bisa diisi dengan Styrofoam atau karet penutup celah yang diisi dengan lis kayu atau gypsum. Lalu buka bagian dinding yang retak selebar 1 cm. lalu isi dengan adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5. biarkan mengering selama tiga hari. Tutup bagian tersebut dengan mortar acuan putih.

Mengatasi Keretakan Akibat Saluran Pipa

Cara Memperbaiki Keretakan Pada Tembok Rumah

rukita.co

Pipa pada bagian dalam tembok biasanya dibuat hanya sampa plester atau hanya diletakan diatas bata. Hal ini dapat mengakibatkan keretakan pada permukaan dinding. jenis retakan yang di hasilkan biasanya lurus sepanjang garis pipa tersebut. Cara memperbaikinya yaitu dengan membuka Kembali saluran plesteran dengan lebar kira-kira sekitar 5 cm. lalu bungkus pipa dengan kawat ayam. Lalu isi celah dengan adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1:5 lalu rapihkan dengan mortal acian putih. biarkan selama 3 hari sampai acian mengering dengan sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek