Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Membangun Rumah Dilahan Yang Mudah Terkena Banjir

garasi rumah

Cara Membangun Rumah Dilahan Yang Mudah Terkena Banjir

Jika kamu memiliki lahan tanah yang kosong dan hendak untuk dibangunkan rumah. namun kamu mengetahui bahwa di daerah tersebut mudah terjadi banjir. Selain itu tanah-tanah di perkotaan terutama di Jakarta dan kota-kota lain sekarang sudah sangat mahal. Namun jangan khuatir, Ketika kamu membaca artikel ini, kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu akan membangun rumah dilahan tersebut atau membeli lagi tanah di derah lain yang lebih aman terhadap banjir.

Banjir di Indonesia sebenarnya sudah tidak aneh lagi, apalagi jika kamu yang tinggal diderah padat terutama dibeberapa daerah Jakarta yang sering sekali langganan terkena banjir setiap tahunnya. Banjir memang sangat menjengkelkan, karena bisa merusak berbagai property didalam rumah. Nah namun sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk kamu yang tinggal di daerah yang mudah terkena banjir dan untuk kamu juga yang akan membangun rumah di daerah tersebut. Ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan agar Ketika rumah mengalami kebanjiran, bisa tetap aman dan tidak lagi merusak berbagai property dan barang-barang penting dirumah. Apasajakah tips dan cara tesebut. Yuk simak artikelnya.

Perhatikan Ketinggian Bangunan

Cara Membangun Rumah Dilahan Yang Mudah Terkena Banjir

Tips membangun rumah dilahan yang mudah terjadi banjir adalah dengan membangun rumah diatas ketinggian air banjir. Jika kamu terbiasa tinggal di daerah situ pastinya kamu mengetahui seberapa tinggi air yang biasanya naik pada saat banjir. Jika memang kamu orang baru di situ sebaiknya untuk menanyakan kepada orang terdekat agar pembangunan rumah diatas ketinggian air bisa tepat dan sesuai sehingga Ketika terjadi banjir air tidak bisa masuk kedalam rumah.

Contoh rumah yang bisa kamu liat yaitu rumah-tumah panggung tradisional yang dibangun dengan menyisakan kolongan pada bagian bawahnya. Atau bangunan seperti rumah pantai dengan bahan beton. Kamu bisa memanfaatkan bagian bawah bangunan sebagai tempat parkir, atau meletakan barang-barang yang sudah tidak terpakai yang dikemas dengan rapuh agar tidak merusak tampilan rumah.

Pilih Bahan-Bahan Yang Berkualias Dan Cocok

blog.rumahdewi.com

blog.rumahdewi.com

Karena rumah yang akan dibangun dilahan yang rentan terhadap banjir, pastikan untuk memilih jenis bahan material yang akan digunakn memiliki kualitas yang baik. hal ini agar tidak mudah terjadi kerusakan sehingga air bisa masuk kedalam celah yang merusak bagian dalamnnya.

Hindari untuk menggunakan material kayu. material kayu yang terlalu sering terendam air akan mudah untuk mengalami kerusakan. Karena berada dibagian paling bawah pastikan untuk membuat lantai yang tidak mudah untuk menyerap air. penggunaan cat waterproof sangat penting pada dinding, agar Ketika air sedang naik, dinding tidak mudah untuk menyerap air. dinding yang menyerap air akan mudah rapuh sehingga bangunan rumahmu akan mudah rusak.

Pastika Air Tidak Masuk Dengan Menutup Celah Air

journal.sociolla.com

journal.sociolla.com

jika kamu khuatir air bisa mencapai dinding rumahmu, maka kamu bisa membuat pintu dan jendela yang tahan terhadap air, sehingga Ketika air sedang tinggi. Bagian dalam rumah akan tetap terlindungi karena tidak ada celah air masuk pada jendela dan pintu rumah.

Buat Dinding Yang Kuat Dan Tahan Terhadap Air

Cara Membangun Rumah Dilahan Yang Mudah Terkena Banjir

Membuat rumah dilahan yang rentan banjir bisa dilakukan dengan membangun dinding yang kokoh dan bisa bertahan dari air. Pastikan untuk memilih jenis bahan yang berkualitas agar dinding tidak mudah mengalami keretakan sehingga menjadi celah masuknya air, atau kamu bisa mengecat bagian dinding menggunakan cat anti air.

Kamu juga bisa membangun dinding perimeter dengan pagar tahan air. Atau membuat tanggul dengan dinding dalam lanskape.

Gunakan Metode Wet floodproofing

Cara Membangun Rumah Dilahan Yang Mudah Terkena Banjir

Cara selanjutnya adalah dengan memakai metode wet floodproofing. Dengan metode ini memungkinkan air bergerak kebawah rumah, seperti pada bagian ruang bawah tanah. Jadi cara ini membiarkan air masuk namun meminimalkan kerusakan. Misalnya kamu menggunakan lantai yang kokoh yang tidak mudah retak dan tidak mudah untuk menyerap air banyak sehingga nantinya lantai tidak mudah mengeluarkan sisa air jika banjir sudah selesai.

Pastikan juga untuk menggunakan furniture yang tidak mudah rusak jika terkena air dan mudah untuk dipindahkan. Selain itu ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan jika kamu ingin menggunakan metode ini. Yaitu dengan menjaga saluran listrik agar tidak terjadi kebocoran. Sehingga kamu dan keluarga tetap aman, Atau Pastikan saluran listrik dipasang ditempat yang lebih tinggi agar tidak terkena air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ four = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek