Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

shopee.id

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

Halaman rumah akan lebih indah jika di tumbuhi rumput-rumput hijau. Penambahan rumput pada halaman rumah juga akan menambah nilai estetika exterior rumahmu. Selain memperindah, penanaman rumput juga akan membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan nyaman. Penanaman rumput biasa di lakukan dengan menanam berbagai jenis rumput hias. Contoh nya adalah rumput gajah mini. Jenis rumput ini sangat poluler untuk di tanam di halaman-halaman rumah. selain penanaman nya yang mudah, gajah mini akan membuat halaman rumah lebih hijau dan indah.

Jika kamu menanam rumput gajah mini tentunya kamu harus memperhatikan dari segi perawatannya juga. Kenapa di rawat? Hal ini sangat penting agar rumput bisa tumbuh dengan baik dan terlihat lebih indah. Kamu tidak  perlu khuatir, merawat rumput tidak akan menyita waktu yang banyak. Sehingga kegiatanmu yang lain tidak akan terganggu. Berikut adalah cara melakukan perawatan pada rumput gajah mini.

 

Siram rumput

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

hypergarden.imaarif.com

Proses penyiraman bisa di lakukan dengan menggunakan seprotan air agar seluruh permukaan bisa tersiram dengan merata, hindari menyiram dengan gayung. Hal ini akan menyebabkan penyiraman yang tidak merata dan menghasilkan genangan air pada permukaan tanah, sehingga tanah akan menjadi becek.

Kamu bisa menyiram rumput sehari sebanyak 2x menggunakan air tawar. Namun apabila saat musim penghujan, kamu tidak perlu menyiram nya. Kareana pada saat musim penghujan rumput akan mendapatkan air lebih banyak.

 

Lakukan pemupukan

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

Setelah kamu melakukan penanaman rumput sekitar 20 hari. Kamu bisa memberikan pupuk dasar seperti pupuk yang biasa di gunakan yaitu urea atau pupuk NPK. Nah setelah sebulan kemudian kamu lakukan Kembali pemupukan, hal tersebut di lakukan untuk menunjang pertumbuhannya, karena pupuk sangat penting untuk rumput agar bisa mendapatkan nutrisi yang baik.  jenis pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk tunggal yang hanya tercampur dengan unsur hara seperti pupuk TSP, urea atau KCL. Atau bisa juga menggunakan pupuk majemuk yang tercampur dengan beberapa unsur hara seperti NPK.

 

Bersihkan dari gulma

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

bukalapak.com

Hindari tumbuhnya gulma pada rumput. Cabutlah gulma yang tumbuh pada sekitaran rumput. Gulma sendiri mrupakan tanaman yang tumbuh pada rumput. Kehadiran nya tentu tidak di inginkan kareana bisa menggangu pertumbuhan rumput. Meskipun gulma akan kalah jika bersaing dengan rumput gajah mini, namun tetap saja jika di biarkan akan membuatnya tumbuh lebih banyak.

 

Rutin melakukan pemangkasan atau edging

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

shopee.id

Agar rumput bisa terlihat lebih rapih. Kamu harus melakukan pemangkasan. Proses pemangkasan ini bisa di lakukan 1 atau 2 kali dalam sebulan. Proses tersebut di kenal dengan sebutan edging atau pembarasan pertumbuhan pada rumput. Peroses edging penting di lakukan pada semua rumput agar tidak tumbuh melebihi batas. Proses edging ini sangat baik untuk membuat penampilan rumput tetap tapih sehingga akan membuat tampilan halaman rumah seperti karpet permadani yang halus dan rapih.

 

Bersihkan dari hama dan jamur

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

google.com

Kamu bisa melakukan penyemprotan cairan pestisida untuk menghinari rumput dari hama atau penyakit. Meskipun jarang di temui ulat daun di temukan di rumput gajah mini. Namun terkadang terdapat jamur yang tumbuh pada akarnya. Ini biasanya disebabkan karna penggunaan pupuk kendang yang kurang bersih.

 

Lakukan penggemburan tanah

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

Penggemburan tanah harus Kembali di lakukan jika rumput sudah mulai subur. Lama-kelamaan biasanya tanah aan menjadi kering dan mengeras. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengungkit-ungkit tanah sedikit demi sedikit menggunakan bantuan garpu tanah. Hal ini penting di lakukan agar penyerapan air bisa lebih maksimal dan aerasi udara di dalam tanah bisa berjalan dengan lancar.

 

Peremajaan rumput agar rumput bisa Kembali hijau

Cara Melakukan Perawatan Pada Rumput Gajah Mini

Dalam jangka waktu yang lama biasanya rumput gajah mini akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Jika kamu mendapati hal tersebut pada rumput halaman mu. Kamu bisa melakukan peremajaan pada rumput. Hal ini sangat penting agar warna rumput bisa Kembali hijau. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotong seluruh rumputnya sampai menyisakan sedikit batang. Lalu biarkan sisa batang tersebut, dengan sendirinya akan Kembali tumbuh menjadi rumput-rumput yang hijau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek