Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Bermain Warna dan Material

Sebelum ruangan didekorasi dengan warna ada baiknya dipelajari terlebih dahulu jenis-jenis warna . Pertama golongan warna primer yaitu merah, biru, dan kuning murni sebelum dicampur dengan warna apapun. Ketiga warna ini menjadi dasar dari semua warna karena dihasilkan dari campuran warna dasar ini. Selain itu ketiganya memiliki karakter yang kuat. Untuk itu hati-hati dalam menggunakan warna primer karena kekuatan karakter tadi.

Selain warna primer ada warna monokromatik yang merupakan paduan dari dua warna yaitu hitam dan putih. Paduan tersebut membentuk warna abu-abu dalam berbagai rentangannya yaitu mulai dari abu-abu tua hingga abu-abu muda. Sedang warna kromatik merupakan paduan warna dari hasil campuran monokromatik.

Sebaiknya aplikasi warna di rumah khususnya di ruang tamu tidak menggunakan warna-warna mencolok . Agar aman gunakan paduan warna yang cenderung netral. Jika memiliki warna favorit tempatkan hanya pada beberapa bagian atau sudut kecil misalnya hiasan dinding, bunga atau sarung bantal.Bahkan lebih baik memilih skema warna kromatik agar menimbulkan kesan yang lebih lembut.

Selain warna material lain yang tak kalah penting yang sering digunakan dalam bangunan adalah kayu. Di Indonesia kayu diklasifikasikan berdasarkan keawetannya. hal ini dibuat melalui kriteria kelembapan , pengaruh iklim,  serta pengaruh dari serangan rayap dan serangga lainnya.

Klasifikasi tersebut ada 5 :

* Kelas 1 dan 2 untuk bangunan yang bersifat heavy duty artinya selalu bersinggungan dengan tanah yang lembab, angin, atau panas matahari. Kayu yang termasuk jenis ini yaitu jati, merbau, dan bangkirai.

* Kelas 3 untuk bangunan dan perabot dalam ruangan yang tidak terkena tanah dan tidak lembab. Kayu yang tergolong jenis ini yaitu kayu kamper dan keruing

*Kelas 4 untuk bangunan dan perabot ringan dalam ruangan misalnya kayu meranti dan surian.

* Kelas 5 untuk pekerjaan sementara (non permanen)misalnya bekisting atau peti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek