Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Berbagai Model Pintu

Model pintu biasanya akan disesuaikan dengan model rumah dan fungsi pintu itu sendiri. Model rumah minimalis akan sesuai apabila menggunakan model pintu yang sederhana tapi mengesankan dinamis. Sebaliknya rumah etnis akan memilih pintu yang menonjolkan detail budaya setempat.

Secara umum ada dua pintu  yaitu untuk eksterior dan interior. Pintu untuk eksterior dipasang mengarah ke luar ruang. Sedang interior yang mengarah ke dalam ruang.

Pintu eksterior  model dan jenisnya harus selaras dengan tampak depan rumah. Materialnya pun harus kokoh  dan solid  karena berfungsi sebagai pengaman lapis pertama .

*Tipe pintu tunggal , terdiri dari satu daun pintu yang menempel di salah satu sisinya . Bidang pintu terdiri dari papan solid vertikal dan horisontal. Umumnya pintu utama menggunakan model panel dengan berbagai variasi misalnya ukiran atau kaca patri. .

* Tipe dua pintu , terdiri dari 2 pintu yang ukurannya sama dengan sistem bukaan di tengah.

* Tipe dobel , pintu berderet yang lebih dari dua pintu bahkan biasanya 4-6 daun pintu menjadi satu. Sering dipasang di depan rumah atau di belakang rumah.

* Tipe geser, jenis pintu yang cara membukanya dengan cara digeser. ke samping. Pada bagian kusen dipasang rel untuk tempat bagian pintu yang digeser.

Pintu Interior :

* Model pocket , di salah satu sisi pintu dibuat rongga seukuran dengan daun pintu. Pintu ini dibuka dengan cara digeser  dan pintu seolah-olah hilang karena masuk kantung.

* Pintu akordeon , terdiri dari beberapa lempeng yang lunak dengan ukuran yang sama. Pintu dibuka dengan cara digeser. Pintu ini biasanya digunakan sebagai pemisah ruang atau partisi.

* Model Belanda, pintu terdiri dari bagian atas dan bagian bawah yang masing-masing dapat dibuka sendiri. Dengan demikian kita bisa membuka pintu bagian atasnya saja sementara bawahnya tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek