Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Beberapa Pola Pemasangan Batu Alam

Ada beberapa pola pemasangan yang biasa dijumpai pada bangunan di Indonesia:

* Pola Acak: pola acak natural menggunakan ukuran dan bentuk batu sesuai aslinya misalnya batu bronjol, dan pola acak koboi bandung. Sementara pola acak buatan menggunakan batu yang dipotong atau dibentuk seolah-olah menyerupai batu alam misalnya pola acak parasjogya.

* Pola Vertikal horisontal: pola ini terdiri dari dua macam yaitu vertikal dan horisontal. Pola ini dapat diaplikasikan pada rumah tropis dan minimalis.

* Pola susun bata: secara keseluruhan pola susun bata memberikan kesan rapi dan simpel sehingga sangat cocok untuk rumah minimalis yang sedang trend saat ini. Batu-batu yang biasa digunakan yaitu : andesit, purwakarta, parasjogya, palimanan, dan sukabumi.

* Pola susun sirih : pola ini ada banyak jenisnya yaitu susun sirih salagedang, nat, susun sirih andesit, susun sirih maju mundur, dan lain-lain. Pola susun ini dapat diaplikasikan pada bidang yang tidak terlalu luas maupun luas.  Selain itu pola ini sering diaplikasikan untuk kolam air (wallpond). Pola ini sangat cocok untuk berbagai gaya rumah.

* Pola koboi bandung: Pola pemasangan ini sangat cocok untuk rumah jenis kolonial atau tropis. Batu alam yang cocok untuk jenis ini adalah batu salagedang, purwakarta, dan garut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek