Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Atap Yang Bocor Secara Mandiri

pembuatan atap pelana

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Atap Yang Bocor Secara Mandiri

Hujan bisa mendatangkan berkah dan rejeki, tanaman menjadi subur dan sumber daya air bersih lebih banyak untuk bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, namun hujan juga bisa mendatangkan masalah, seperti banjir, longsor dan kebocoran pada rumah, namun hal itu terjadi akibat ulah manusia sendiri yang kurang berhati-hati dan kurangnya kesadaran diri untuk menjaga alam.

Kebocoran pada rumah sendiri bisa di atasi dengan mudah bahkan kamu bisa secara mandiri untuk memperbaikinya tanpa harus repot-repot atau mengeluarkan biaya tambahan untuk memanggil jasa tukang. Seperti yang kita ketahui bahwa atap yang bocor secara berkala bisa menimbulkan banyak masalah, contohnya kerusakan pada furniture seperti lemari, kursi atau perabotan lainnya. Jika itu terjadi tentunya suasana rumah tidak akan nyaman lagi untuk ditinggali.  Oleh karena itu kita harus tahu cara mengantisipasi atap bocor.  Dalam artikel ini kami sudah merangkumnya untuk kamu cara mengatasi atap bocor dengan mudah dan aman

Menggunakan Water Proofing

Cara pertama untuk memberbaiki rumah bocor yaitu dengan menggunakan water proofing. Water proofing sendiri merupakan cat yang mengandung liquid yang anti air, sehingga air tidak akan rembes. Sederhanannya water proofing berguna untuk menambal kebocoran yang terjadi pada atap rumah agar nantinya Ketika hujan tidak terjadi kebocoran lagi.

Karena perubahan cuaca setiap tahunnya selalu berubah, maka kamu perlu sesekali mengecek atap rumah dan tidak lupa untuk mengaplikasikan water proofing pada bagian atap yang mengalami keretakan kecil.

Memperhatikan Kemiringan Atap Rumah

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Atap Yang Bocor Secara Mandiri

pgimgs.com

Saat akan membangun rumah, kamu perlu memperhatikan kemiringan atap yang tepat, hal ini bertujuan agar air hujan bisa mengalir dengan lancar. Atap yang landai ataupun datar bisa membuat kebocoran pada atap, karena air hujan melambat dan bisa membuat genangan air pada beton. Kemiringan yang umum digunakan pada atap rumah yaitu 30 sampai 40 derajat. Tak hanya itu, kurangi juga sambungan atap karena bisa menyebabkan kebocoran. oleh karena itu sangat penting untuk merencanakan pembangunan rumah dengan matang agar kedepannya kita lebih tenang.

Memperbaiki Genteng yang turun

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Atap Yang Bocor Secara Mandiri

Atap rumah berada diluar dan berhadapan langsung dengan perubahan cuaca yang tidak menetu. Oleh karenanya genteng rumah terkdanag berubah dari posisinya atau tergeser karena terpaan hujan dan angin, hal ini akan berbahaya jika dibiarkan karena akan menimbulkan kebocoran pada rumah. Cara mengatasinya sangat mudah, kamu perlu mengecek bagian susunan genteng pada atap, jika ada genteng yang berbelok atau menyusut maka letakan Kembali ke posisi sebelumnya.

Cara ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Namun kamu juga harus rutin mengecek agar di kemudian hari saat hujan kebocoran bisa di hidnari.

Membersihkan Talang Air

Jika di biarkan terlalu lama tanpa perawatan, talang air bisa dipenuhi oleh sampah-sampah seperti tumpukan dedaunan atau ranting-ranting pohon, hal ini bisa menyebabkan kebocoran karena aliran air terhambat. Oleh karena itu sebelum musim hujan tiba, kamu perlu mengecek talang air lalu membersihkannya. Jangan lupa untuk membersihkan talang secara menyeluruh dan rutin.

Ganti Genting Retak atau Hancur

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Atap Yang Bocor Secara Mandiri

Cara memperbaiki atap bocor adalah mengganti genteng atau genting yang rusak karena retak dan hancur.Hal ini bisa menyebabkan kebocoran yang makin parah jika terus dibiarkan. Genting retak atau hancur bisa terjadi karena kualitasnya sudah lapuk termakan usia.Namun, tak jarang yang lupa dan membiarkan begitu saja tanpa menggantinya sehingga akan repot saat musim hujan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek