Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Bagaimana caranya Membuat Tangga Kayu Dijauhi Oleh Rayap

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-2

Jika kalian adalah orang yang bangga memiliki tangga yang terbuat dari kayu, maka tugas penting akan menunggu. Yaitu, Anda harus bisa menjaga penampilan dan kondisi fisik dari tangga kayu tersebut sehingga dapat bertahan dalam kondisi yang baik dalam waktu yang lama. Dan yang terpenting adalah bagaimana caranya supaya si tangga kayu ini dijauhi oleh rayap. Dan cara membuat tangga kayu, supaya bisa dijauhi oleh rayap-rayap nakal, berikut tips dan triknya.

Cara membuat tangga kayu dijauhi rayap itu dengan membersihkannya

Sebelum membuat tangga kayu dijauhi oleh rayap, kalian wajib untuk membersihkannya dahulu. Karena kalau keadaan tangga kayu ini bersih, maka akan lebih gampang untuk membuatnya dijauhi oleh rayap. Hal yang wajib diperhatikan ketika membersihkan tangga kayu adalah gunakan air dalam jumlah yang minimal, supaya tidak merusak serat-serat yang ada di dalam tangga kayu. Bahkan spons yang digunakan haruslah spons yang mudah menyerap air dan setelah menggunakannya, tangga tersebut harus dilap menggunakan lap handuk yang kering.

Menggunakan obat anti rayap dari benda-benda alami

Mungkin banyak yang tidak tahu jika, untuk mengusir dan membuat tangga kayu di rumah dijauhi oleh rayap, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kalian.

Contohnya adalah salah satu jenis rumput, yaitu rumput vetiver berikut ini!

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-1

Rumput ini terkenal dengan baunya yang harum. Maka dari itu, rumput vetiver kerap dijadikan bahan dasar parfum. Memiliki pertumbuhan yang cepat, rumput vetiver dikenal juga sebagai tanaman yang mampu mereduksi erosi tanah. Mengapa rumput vetiver merupakan tanaman anti rayap? Rumput ini mengandung zat nookatone yang mampu mengusir rayap, bahkan serangga lainnya seperti jangkrik, semut, kecoa, dan kutu. Rumputnya yang tinggi pun mampu menghalangi rayap masuk, dan dijamin tidak bakal ada rayap yang berani untuk mendekati dan menggeroti tangga kayu di rumah kalian.

 

Menanam buah Bintaro di halaman rumah bisa juga jadi solusi

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-3

Buah Bintaro atau cerbhera manghas merupakan jenis tanaman anti rayap alami yang bisa kamu temukan di pinggir jalan. Meski beracun bagi manusia, namun buah bintaro ini ampuh sebagai cara membasmi rayap jauh-jauh dari rumah kalian. Hal ini terjadi karena anti rayap alami ini mengandung zat certerin yang beracun bagi rayap. Udah gitu kalian bisa membuat semprotan anti rayap sendiri dari buah Bintaro ini. Cukup siapkan 500 gram buah bintaro dan 500 ml air. Blender keduanya hingga tercampur merata dan tuangkan dalam satu wadah. Diamkan selama seminggu. Kemudian, saring campuran anti rayap tersebut untuk memisahkannya dari ampas buah bintaro. Semprotan anti rayap buah bintaro pun sudah siap digunakan, untuk satu cara membuat tangga kayu terhindari dari serangan rayap.

 

Lakukan kebiasaan baik di dalam rumah

Selain menggunakan bahan-bahan anti rayap alami, kalian juga harus melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang tidak memicu perkembangbiakan rayap. Seperti menyalakan pendingin ruangan dan membuat ventilasi udara di rumah. Jika kalian bisa memperbaikinya, dijamin rayap pun gak berani masuk ke dalam rumah, dan menggerogoti tangga kayu yang terpasang di rumah.

One Response to Bagaimana caranya Membuat Tangga Kayu Dijauhi Oleh Rayap

  1. Menarik, sangat menambah wawasan kami, bagi yang sedang membutuhkan jasa Kontraktor Jogja kunjungi webiste kami juga di https://kontraktorjogja.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek