Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Arti dan Fungsi Sekat / Partisi

Batas ruang tak harus berbentuk solid atau masif layaknya dinding yang biasa kita temui sebagai pembatas ruang. Sekat dan partisi merupakan salah satu cara untuk membentuk ruang yang tidak direncanakan sebelumnya. Konsep open plan merupakan konsep yang memberikan banyak kemungkinan untuk menciptakan ruang-ruang baru, misalnya dengan menambahkan sekat dan partisi.

Kehadiran sekat dan partisi dalam sebuah ruang yang lapang memungkinkan kita membuat ruang lain atau membaginya menjadi beberapa are terpisah dengan fungsi kegiatan yang berbeda. Batas wilayah sebuah ruang lazimnya tercipta dari bidang yang membatasi keempat sisinya. Bidang ini membatasi dan menutup  ruang dari lantai hingga atap. Biasanya bidang pembatas dalam hal ini dinding  menyatu dengan struktur bangunan , memiliki pondasi dan menjadi area penahan beban atap bangunan atau lantai di atasnya. poin-poin di atas merupakan perbedaan paling mencolok antara dinding dengan sekat dan partisi.

Dari segi fungsi sepintas sekat dan partisi memang memiliki persamaan yakni sama-sama berperan sebagai pembentuk dan pembatas ruang. Nmaun Namun batas ruang yang diciptakan oleh dinding lebih masif, permanen, dan solid dibandingkan dengan partisi dan sekat. Walaupun membatasi sekat dan partisi tetap membuat ruang menyatu. Selain itu sekat dan partisi biasanya merupakan batas tidak permanen. Bila sudah bosan anda bisa langsung mengganti atau mengubahnya dengan yang lain. Sekat dan partisi juga akan memberikan privasi tersendiri . Tidak heran jika sekat dan partisi kerap dipakai sebagai elemen yang menghadirkan rasa nyaman dan terlindungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek