Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Arti dan Fungsi Plafon

Fungsi & arti plafon rumah

Arti dan Fungsi Plafon Rumah – Selama ini kita mengenal plafon dalam beberapa istilah yang berbeda misalny langit-langit ata awang-awang. Menurut sekarah kata palfon yan sekarang kita pakai berasal dari bahasa belanda plafond yang merujuk pada makna garis batas biasanya horisontal antar dinding dan atap.

Fungsi plafon rumah:

Sementara dalam dunia arsitektur dan interior plafon berarti batas permukaan atas interior ruang yang sering kali merupakan media untuk menutupi atap atau lantai di bawahnya. Apapun istilah yang kita pergunakan makna plafon tetap sama yaitu struktur sebuah bangunan yang berada tepat di batas atap dan dinding. Perbedaan perlakuan tampilan struktur rangka ditutup dengan panel atau tidak akan menciptakan tampilan plafon yang berbeda pula.

Fungsi Sebagai Penutup:

Sebagai fungsi penutup plafong kerap difungsikan sebagai tempat menyembunyikan kumpulan kabel dan selang serta struktur rangka yang dianggap mengganggu tampilan ruang secara keseluruhan. Posisi plafon yang tepat beberapa meter di bawah rangka akan menimbulkan tampilan rongga yag cukup untuk memuat beragam instalasi. Misalnya  instalasi listrik, pendingin udara, penghangat ruang, dan detektor asap. Agar bagian bawah atap yang penuh dengan segala macam kabel tersebut tidak tampak berantakan, dibuatlah penutup untuk melindungisegala jaringan kabel teesebut. Seiring dengan perubahan jaman, kreatifitas dan modelpun berkembang. Segala bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai penutup bisa dipakai sebagai plafon. Tak jarang plafon juga dijadikan elemen yang ditonjolkan dalam tampilan sebuah ruang.

Fungsi sebagai bantalan udara atau insulator panas:

Idealnya bukaan dalam bangunan terdiri atas pintu dan jendela. Fungsi bukaan adalah memasukkan udara ke dalam bangunan. Dengan demikian suhu di dalam dan di luar bangunan seimbang.Dalam dunia konstruksi konsep penghawaan udara yang baik harus memenuhi kriteria ventilasi silang atau cross ventilation. Di situ disebutkan bahwa sebuah ruang akan memiliki hawa dan suhu yang sejuk jika posisi bukaanya searah dengan arah angin, mampu mengalirkan udara ke dalam bangunan dan mengalirkan udara yang sudah jenuh ke luar bangunan.

Jika pintu dan jendela berfungsi memasukkan udara, fungsi plafon justru menahan dan mengikat udar agar tetap berada di dalam bangunan. Udara yang masuk dari pintu dan jendela dialirkan ke bagian atap ditangkap dan diikat dalam plafon dengan tujuan suhu bangunan tetap terjaga kestabilannya.

Salah satu kunci plafon dapat berfungsi maksimal sebagai bantalan udara adalah kita harus memperhatikan jarak antara lantai dan batas plafon. Untuk rumah tinggal ketinggian plafon biasanya berkisar antar 2,80 – 3,80 meter. Ketinggian plafon dari atas lantai memang dapat mempengaruhi suhu udara dalam ruang. Namun bukan berarti plafon yang tinggi menjamin kesejukan udara dalam ruang. Ingat ketinggian plafon bukan penentu utama nyaman tidaknya suhu dalam bangunan. Sirkulasi udara yang lancar merupakan kunci suhu bangunan yang nyaman. Ketinggian plafon hanyalah salah satu syarat yang dapat menciptakan sirkulasi udara yang lancar.

Dalam banyak kasus sebagian nbangunan memiliki jumlah bukaan yang cukup namun suhu dalam bangunan tetap panas. Ini dikarenakan aliran udara yang berhenti karena tertahan bentuk atau model plafon yang tidak sesuai dengan arah aliran angin. Agar hal itu tidak terjadi, usahakan untuk mencermati kondisi dan situasi lahan sebelum membangun bangunan. Perhatikan ke mana angin bertiup, perhatikan pula  dari mana angin datang. dan bagaimana kecenderungan udara bergerak berkumpul jadi satu lalu memutar, langsung tercerai berai tanpa sempat berkumpul atau bagaimana? hal-hal tersebut penting diketahui agar desain rumah bukaan dan model plafon dapat bersinergi dengan berbagai elemen konstruksi bangunan yang lain. Fungsinyapun berjalan maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek