Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Arsitektur Pintu

Tidak ada rumusan baku untuk lebar dan tinggi pintu. tetapi ada acuan yang dapat dipakai agar mendapatkan ukuran yang ideal dan proporsional. Lebar, tinggi dan tebal harus proporsional agar rangka kayu dan pintu tidak mudah memuntir atau melendut.

* Ukuran pintu  : fungsi pintu sebagai jalur sirkulasi manusia yang keluar masuk maka ukuran pintu mengacu pada ukuiran tubuh manusia.

* Lebar : ukuran lebar bahu manusia kurang lebih adalah 60 cm. Dengan patokan ini lebar mintu minimal 70 cm. Pintu utama dibuat selebar 90-100 cm. Sedangkan ukuran pintu yang ideal adalah 2 X 60 cm atau 120 cm untuk kondisi berpapasan. Sebaliknya pintu kamar mandi dan pintu ruang servise biasanya dilaluioleh satu orang dan jarang maka lebar daun pintunya cukup 75 – 80 cm.

* tinggi : ketinggian pintu merujuk pada tinggi manusi sekitar 180 cm. Ukuran pintu yang ideal ditambah 30 cm. Dengan demikian tinggi minimal pintu adalah 210 cm. Pintu yang tinggi akan memberikan kesan bahwa dinding rumah atau langit-lngit rumah menjadi lebih lega.

* Tebal : ketebalan daun pintu ditentukan oleh lebar dan tinggi. Semakin lebar dan semakin tinggi , maka daun pintu akan semakin tebal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek