Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Arah Vertikal dan Horisontal Fasade

Terciptanya sebuah bentuk bangunan yang bernilai estetis tidak terlepas dari adanya keharmonisan antara bentuk fasade bangunan itu sendiri  dengan elemen-elemen arsitektur penyusun konfigurasi fasade. Elemen penyusun konfigurasi fasade terdiri dari dua jenis yaitu elemen konfigurasi vertikal dan elemen konfigurasi horisontal.

Dalam membuat desain sebuah rumah, perlu mempertimbangkan lebar bangunan yang akan dibuat . Jika bangunan tersebut mempunyai ukuran yang cukup lebar maka perlu diciptakan elemen penyeimbang konfigurasi fasade berupa bentuk-bentuk yang memanjnag  / menjulang ke atas, namun jika ukuran site yang tersedia tidak lebar maka harus disiasati  dengan membentuk bentuk – bentuk yang berjajar horisontal agar bangunan tidak berkesan menjulang atau sempit.

Elemen fasade yang dapat dibentuk memanjang vertikal antara lain pintu, jendela, bukaan ruang, kolom, dan ornamentasi vertikal. Untuk elemen fasade yang bisa membentuk horisontal antara lain pintu, jendela, elemen-elemen bukaan ruang, balok, dinding, dinding menerus, dan lain-lain. Untuk mengantisipasi kesan menjulang pada bangunan dapat diimbangi dengan permainan garis-garis dan bidang horisontal  berwarna netral (putih) pada fasade .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek