Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Aneka Jenis Material Furniture Untuk Anak

Furniture anak

Material Funiture untuk anak

Material furniture untuk anak tidak beda dengan furnitur lainnya furnitur anak juga berasal dari material kayu, logam, dan plastik. Masing-masing bahan tersebut memiliki keunikan tersendiri. Untuk anak-anak selain pemilihan desain yang khusus, pengetahuan material juga tidak boleh diabaikan.

Kayu

Kayu adalah bahan furnitur yang paling banyak digunakan. Selain proses pembuatannya tidak sulit, furnitur dari kayu memiliki daya tahan cukup lama dan tampilan yang elegan. Variasi harga yang beragam tergantung jenis dan kualitasnya. sehingga konsumen bisa lebih banyak pilihannya.

jenis kayu solid yang umum dipakai adalah jati, mahoni, merbau, sonokeling, dan sungkai. Pertimbangkan masak-masak jika anda memakai material ini untuk anak. Kalau anda tetap ingin memakai kayu solit sebaiknya manfaatkan untuk furnitur primer saja misalnya tempat tidur. Selain kayu solid anda juga bisa memakai kayu olahan yang banyak ragamnya misalnya tripleks  dan multipleks. meskipun tidak sekuat kayu solid kayu olahan merupakan bahan yang banyak dipakai untuk membuat furnitur terutama untuk anak yang jangka waktu pemakaiannya terbatas.

Logam

Penggunaan logam atau metal memang tidak sebanyak kayu. Namun material yang satu ini mempunyai kesan unik dan tidak dimiliki material lainnya. Logam yang mempunyai tampilan luar berwarna silver atau perak sangat berkesan industrial dan hi tech. Sementara besi umumnya berkesan rustic dan klasik.

Untuk kebutuhan pembuatan furnitur anak, logam bisa dipakai sebagai tempat tidur, kursi, dan meja. Namun karena karakter logam terbilang cukup kaku, maka sebaiknya bahan logam hindari terllau banyak pemakaiannya. Sebisa mungkin pilih furnitur dengan elemen logam yang muncul sebagai aksen atau pelengkap saja. Misalnya pegangan laci atau lemari, permukaan daun pintu lemari, kaki tempat tidur, kaki lemari, dll. Selain itu bentuk yang runcing ujungnya sebaiknya juga dihindari karena sangat berbahaya bagi anak-nak jika terbentur tubuh anak.

Plastik

Furnitur  yang satu ini sekarang banyak sekali ragamnya dan banyak diminati orang karena harganya yang relatif murah. Selain itu karena sifatnya yang fleksibel bentuknya, warna yang beragam, dan memiliki karakter anak-anak yang kental. Untuk anak-anak yang terpenting plastik tidak mengandung bahan yang berbahaya. Anda juga bisa mewujudkan imajinasi anak lewat bahan ini seperti tempat tidur model mobil atau kura-kura. tetapi bahan ini memiliki kelemahan yakni pemakaiannya tidak bisa bertahan lama seperti halnya kayu atau logam. Seiring usia anak bertambah maka anak akan meninggalkan bahan ini dan berganti ke bahan yang berkesan dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ eight = 15

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek