Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Agar ruangan kecil di rumah terlihat lebih Luas

jawaracorpo-Tips Agar Ruangan Terlihat Luas31

Permasalahan yang sering terjadi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan padat penduduk ialah tentang tempat tinggal yang terbatas. Seringkali masalah ini terjadi karena membeli atau membangun rumah kecil sebagai hunian keluarga.
Membeli atau membangun rumah kecil sebetulnya tidak masalah apalagi untuk anak muda yang baru memulai keluarga atau tinggal sendiri, memiliki rumah kecil dengan sedikit ruangan tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Keterbatasan ruangan tersebut dapat diatasi dengan menyiasati secara cerdas dengan begitu rumah kecil dapat terlihat besar, asalkan pemilik rumah cermat dan tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat.
Berikut ini beberapa trik yang dapat menjawab permasalahan yang terjadi sehingga membuat ruang sempit dapat terlihat luas.
1. Manfaatkan Cermin di Dinding
Jika kamu berkunjung ke rumah makan atau toko perbelanjaan dengan ruangan sempit, perhatikan sekeliling dinding ruangan tersebut. Pemilik toko sering memasangkan cermin pada ukuran besar pada sekeliling ruangan tersebut untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Karena penepatan cermin pada ruangan dapat merefleksikan titik fokus kita. Nah, trik cermin ini juga dapat diaplikasikan pada rumah kecil.
2. Furnitur Multifungsi Sebagai Solusi
Dengan meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat rumah kecil terasa penuh dan sesak. Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi. Nah, bagaimana jika menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan.
Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, dapat menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Dan juga dapat menghemat pengeluaran uang dalam membeli furnitur.
3. Karpet Motif Pola Untuk Tampilan Ruangan Lebih Luas
Gunakan atau belilah karpet dengan motif pola berulang yang kecil. Karpet dengan motif pola berulang kecil akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Letakkan karpet di bawah meja ruang tamu. Alaskan karpet dengan motif berpola berulang yang berbeda pada furnitur lain di rumah kecil kamu seperti di bawah tempat tidur, sofa, dan lemari. Ini merupakan trik ilusi mata untuk membuat rumah kecil terlihat luas, tidak sesak, dan terlihat cerah.
4. Gunakan Warna Cerah
Penggunaan warna cat rumah yang cerah membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil.
Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.
4. Pilih furnitur dengan kaki
Alih-alih menggunakan sofa dengan rok atau kursi kotak, kursi dengan kaki terbuka sangat cocok untuk ruang kecil. Dengan memilih furnitur dengan kaki, dapat membuat ruangan terlihat lebih besar. Rak buku terbuka, atau sofa dengan kaki lebih baik untuk ruang kecil daripada sofa mengitari atau rak buku tradisional.
5. Manfaatkan pencahayaan
Tidak di pungkiri cahaya alami adalah pencahayaan ruangan terbaik. Buka jendela, gorden, dan tirai, karena akan memberikan efek yang lebih luas untuk ruangan yang kecil. Jika tidak memiliki banyak cahaya alami, bawa pencahayaan aksen melalui meja dan lampu lantai untuk mencerahkan ruangan.
Menata dan memilih interior rumah kecil memang perlu berhati-hati agar tidak semakin sesak. Makanya, bijaklah memilih jenis furnitur serta warna yang ingin kamu terapkan pada sebuah rumah kecil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + = eleven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek