Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

5 TIPS Bikin Rumah Kamu Tetap Nyaman Di Musim Hujan

ide-mempercantik-teras-rumah-696x464

5 TIPS Bikin Rumah Tetap Nyaman Di Musim Hujan

Tips menghadapi musim hujan, memiliki rumah aman dan nyaman adalah impian semua orang, di musim hujan kita akan menjumpai masalah-masalah seperti, banjir, rumah kebocoran, tampias, dinding rembes dan lain-lain, maka dari itu kita harus antisipasi untuk menhadapi masalah tersebut.

Kita sebagai pemilik rumah, pastinya menginginkan rumah yang tetep bersih dan nyaman ketika musim hujan, maka dari itu sangat di anjurkan untuk melakukan persiapan-persiapan yang matang untuk menghadapi musim hujan, berikut ada beberapa tips yang Arsitek77 rangkum untuk menghadapi masalah tersebut :

1. Cek and recek Posisi Genteng Rumah

Cek dan recek posisi denteng rumah anda, genteng yang berantakan dapat menjadi penyebab kebocoran utama di saat musim hujan

Meskipun yang anda tempati tergolong baru tetapi anda harus melakukan pengecekan pada genteng, karna genteng dapat bergeser karena banyak fakor seperti angin atau hewan yang melewati atap rumah.

2. Segera Periksa dan Perbaiki Talang Air

Talang air rentan kotor karena debu atau kotoran kering. Korotan yang jarang di bersihkan akan menumpuk dan menyumbat saluran air dan akan menyebabkan saluran air tertutup.

Hal itu akan mengambat laju air pada talang. Bersihkan dan buang segala macam kotoran yang menumpuk pada talang air.

Anda juga harus selalu memeriksa kondisi tanalng, apabila terjadi kerusakan pada talang yang berpotensi bocor atau merembes sesegera mungkin anda perbaiki agar fungsi talang kembali berfungsi dengan normal.

3. Perhatikan Saluran Air

Jika di sektar rumah anda terdapat saluran air, maka anda harus periksa kondisinya, jika ada yang menyumbat endapan lumpur dan sampah maka anda harus segera memberihkan nya karna itu akan menghambat laju air dan akan menyebabkan terjadinya banjir.

Selalu bersihkan saluran air di sekitar anda secara berkala, setidak nya anda rutin memberihkan dua minggu sekali untuk mempersiapkan musim hujan, agar daya tampung maksimal saluran air harus di bersihkan secara menyeluruh.

Karena itu, sangat baik jika Anda dapat mengajak seluruh lapisan masyaarakan di lingkungan rumah untuk bekerja bakti membersihkan saluran air.

4. Perhatikan Jaringan Listrik

Saat musim hujan kabel listrik sangat mudah rapuh dan terkelupas karena diterpa hawa lembap dan panas yang tinggi. Hal itu sangat berbahaya karna beresiko terjadinya korsleting dan kebakaran . sebaiknya anda harus memeriksa seluruh jaringan listrik secara keseluruhan di dalam maupun luar.

Cek seluruh kabel dan stop kontak dalam keadaan yang baik agar resiko korsleting dapat di minimalisasi. Jika terdapat indikasi kerusakan maka harus sesegera mungkin di ganti baru atau di berbaiki.

5. Pangkas Tanaman Yang lebat

Musim hujan yang panjang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman menjadi rimbun dan berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Selain itu, pohon-pohon besar yang sudah tua juga berisiko tumbang.

Musim hujan yang panjang akan membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman akan menjadi rimbun akan berpotensi menjadi sarang bagi nyamuk dan hewan-hewan lain yang berbahaya. Selain itu pohon-pohon besar yang sudah tua akan berpotensi tumbang.

Oleh karna itu sesegera mungkin pangkas semua tanaman dan pohon-pohon di sekitar rumah anda saat mendekati musim hujan.

 

Itulah beberapa tips yang dapat arsitek77 rangkum. Jika anda mengikuti tips di atas di jamnin rumah anda akan aman, nyaman dan rapih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek