Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

5 Jenis Batu Bata untuk Dinding Rumah

batu bata custom

5 Jenis Batu Bata untuk Dinding Rumah

Batu bata adalah material bangunan yang paling penting, Pemakaian batu bata bersamaan dengan semen dan pasir dan mampu menghasilkan dinding yang kokoh. Terkebih jika perpaduan bahan-bahan tersebut di lakukan dengan rasio yang tepat dan disertai pemakaian tenaga ahli yang terampil. Ada berbagai jenis batu bata yang biasa nya di gunakan pada bangunan,  di artikel ini kita akan mengenal jenis-jenis batu bata yang sering di gunakan pada bangunan yuk langsung saja.

Batu bata merah

5 Jenis  Batu Bata untuk Dinding Rumah, arsitek jakarta

Batu bata merah sangat sering kita jumpai pada bangunan bangunan yang ada di Indonesia selain memiliki harga yang murah batu bata merah ini bisa bertahan sampai bertahun tahun. Batu bata merah terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar menggunakan suhu tinggi hingga warnanya menjadi kemerah-merahan. Selain punya daya tahan yang tinggi, dinding dari batu bata merah terasa dingin.

Kelemahan jenis batu bata ini adalah Dalam pemakaiannya untuk membangun rumah, Anda memerlukan bahan perekat dengan jumlah cukup banyak untuk bisa menempelkan satu batu bata merah dengan bata merah yang lain. Alhasil, secara keseluruhan biaya bakal membengkak untuk pembelian pasir serta semen.

 

Batako

5 Jenis  Batu Bata untuk Dinding Rumah

 

Batako juga sangat sering kita jumpai di Indonesia dengan ciri warna nya hitam dan bahan semen dan pasir kasar. Proses pembuatan batako dilakukan dengan mesin press. Dibandingkan dengan batu bata merah, batako memiliki ukuran yang besar. Meski begitu, dari segi bobot, batako punya berat yang lebih ringan dibandingkan batu bata merah. Apalagi, batako punya rongga yang cukup besar di bagian dalamnya.

Batako kerap digunakan sebagai material untuk membangun dinding terluar rumah karena sifat kedap air yang dimilikinya. Bobotnya yang ringan juga menjadikan batako cocok dipakai membangun rumah dengan jumlah lantai lebih dari 1. Ukurannya yang besar, memungkinkan proses pembangunan dapat berlangsung lebih cepat. Hanya saja, pemakaian jenis batu bata rumah yang satu ini memberi efek samping suasana dalam rumah yang terasa panas, terutama kalau dipakai di wilayah tropis.

 

Batu bata ringan atau hebel

5 Jenis  Batu Bata untuk Dinding Rumah

Batu bata ringan atau hebel jadi jenis batu bata dengan warna putih dan dibuat dengan campuran pasir kuarsa, kapur, semen, air, aluminium pasta, serta gypsum. Keuntungan dari pemakaian hebel adalah bentuknya yang rapi, mampu menyerap panas, kokoh, serta bobotnya yang ringan.

Proses pemasangan batu bata ringan juga bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi, jenis perekat yang dipakai untuk jenis batu bata ini bukanlah semen biasa, melainkan semen instan. Namun, proses pemasangannya juga harus dilakukan oleh tukang dengan keahlian khusus. Kesalahan dalam pemasangan, bisa berdampak pada kekuatan bangunan secara menyeluruh.

 

Batu bata custom

batu bata custom

Batu bata custom adalah batu bata yang dibuat untuk pemakaian secara khusus. Bahan untuk pembuatan batu bata ini adalah campuran pasir dan tanah liat. Umumnya, batu bata khusus ini digunakan untuk membantu memudahkan proses pemasangan kusen pintu serta jendela.

Batu bata berlubang

batu bata berlubang

Sesuai dengan namanya, jenis batu bata ini memiliki lubang di bagian tengah dan tersedia dalam berbagai bentuk. Anda bisa menemukan batu bata berlubang berbentuk balok, melingkar, ataupun melintang. Batu bata ini cocok digunakan pada bangunan bertingkat karena bobotnya yang ringan.

 

 

Butuh jasa arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, jasa arsitek, jasa desain rumah, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bekasi, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah,

 

 

 

sumber referensi : www.aca.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek