Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

5 Ide Desain Rumah Idaman Masa Kini

rarefydesigncomnorthmallowcodecoholicorg-f6af24eed53000c0927b1004c3b54322

Ada begitu banyak konsep desain rumah yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan setiap negara memiliki karakter bangunan rumahnya masing-masing. Saking banyaknya, terkadang kita sedikit kesulitan dalam memilih desain rumah yang diinginkan. Meskipun ada begitu banyak pilihan, namun ada 5 ide desain yang unik dan paling disenangi oleh banyak orang.
Nah, bagi kamu yang berencana membangun rumah idaman, ada baiknya jika kamu mengetahui 5 ide desain rumah masa kini yang dapat kamu jadikan referensi.
1. Industrial
decoholic-org-edited-e33af411c12514cd50528e99fa488c2e
Gaya industrial biasanya menggunakan warna-warna monokrom dan terkesan maskulin. Beberapa material yang digunakan juga cenderung kasar seperti logam dan baja yang sengaja dibuat senatural mungkin untuk menunjukkan karakternya. Material yang digunakan juga memakai bahan-bahan yang didaur ulang atau bahan industri seperti kaca, besi, dan alumunium yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan elemen interior yang menarik. Struktur atap industrial juga biasanya dibiarkan terlihat dengan jelas, beberapa ada yang di-finishing, tetapi ada juga yang unfinish. Salah satu elemen yang paling terlihat dari gaya industrial adalah mengekspos tampilan batu bata. Batu bata pada desain industrial dicat dengan warna cerah seperti putih atau warna teduh seperti abu-abu. Pemakaian lantai beton juga sering diterapkan untuk memberi kesan kuat. Desain ini biasanya digunakan oleh para penghuni rumah yang menginginkan suasana hunian dengan tampilan rough dan maskulin.
2. Minimalis
qanvast-com-edited-529ad6511987effde814031720f4a69b
Pada dasarnya, desain arsitektur rumah minimalis digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Hal tersebut dibuktikan dari bentuk-bentuk dasar geometris yang dimiliki oleh konsep yang satu ini. Desain rumah minimalis juga tidak banyak menggunakan hiasan, penggunaan bahan-bahannya pun sederhana dan selalu mengulangi struktur yang sudah ada. Pencahayaan yang alami membuat bangunan rumah minimalis terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum. Ciri utama dari arsitektur minimalis antara lain, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut fasade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.
3. Futuristik
northmallow-co-edited-fdcabada0096675d678c8a49eb451f80
Desain futuristik memiliki bentuk yang aneh dan berorientasi masa depan dan juga tidak lazim. Kotak, bulat, tidak beraturan atau berbentuk seperti badan hewan merupakan beberapa ciri bentuk desain futuristik. Futuristik memanfaatkan kemajuan di era teknologi dengan menggunakan bahan-bahan baru seperti baja, kaca, dan alumunium. Less is more, sederhana merupakan nilai tambah bagi desain yang satu ini. Sedangkan, penambahan ornamen dianggap sebagai suatu hal yang tidak efisien. Futuristik juga menekankan perancangan kepada space atau ruang, sehingga desainnya menjadi polos, simpel, dan banyak menggunakan kaca lebar. Jenis bahan material yang digunakan juga diekspos secara polos dan ditampilkan apa adanya.
4. Shabby Chic
rarefydesign-com-edited-2c80a92444e6ace7d773de9f4dd5623a
Desain shabby chic menyajikan suasana lembut dan feminin yang membedakan tampilan ini dari gaya vintage lainnya. Tidak heran jika penggemar dari gaya desain ini kebanyakan adalah perempuan. Gaya ini adalah cara dekorasi unik yang romantis. Desain interior shabby chic memakai pilihan dari furnitur yang sudah terlihat tua serta menggunakan aksesoris interior yang feminin. Gaya desain shabby chic banyak mengaplikasikan kombinasi furnitur, motif-motif pada kain, lukisan pada dinding, dan dekorasi serta aksesoris lain untuk menghasilkan tampilan ala feminin pada sebuah ruangan. Hal yang menyenangkan dari dekorasi shabby chic ini adalah kamu dapat bereksplorasi dengan material dan furnitur yang tak biasa. Bahkan, terkadang kamu harus hunting ke beberapa garage sales, toko barang antik, hingga pasar murah untuk mendapatkan barang-barang vintage yang unik dan tidak mudah ditemui di pasaran.
5. Rustic
goodshomedesign-com-edited-74a3115cad12ad21b29320e50c7257a2
Gaya rustic biasanya menggunakan bahan alami, bentuk atapnya pun terbuka dan menonjolkan kesan material kasar dan tua. Tembok pada bangunan rustic juga biasanya tidak dihaluskan atau bisa juga ditutupi dengan unsur bebatuan dengan tekstur yang kuat. Warna yang paling sering digunakan adalah warna yang lebih alami seperti abu-abu, merah batu bata, tanah, hitam, kuning pucat, dan coklat kayu yang termasuk warna material alami. Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi seperti ranting pohon, kaleng, atau barang vintage lainnya dapat menjadi penghias ruangan rustic. Gaya yang satu ini juga sangat fleksibel dan cocok jika ingin dikombinasikan dengan gaya arsitektur lain.

Nah, itulah kelima ide desain rumah idaman masa kini yang dapat kamu aplikasikan di rumah.
Dari kelima ide desain tersebut, mana favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek